Blog tentang program akuntansi dan pembukuan toko UKM.

Software Toko Kelontong


Software toko kelontong adalah program aplikasi untuk toko yang melakukan penjualan barang dagangan di toko kelontong. Fasilitas dari software toko kelontong diantaranya adalah menu untuk mendata dagangan di toko kelontong, yang terdiri dari kolom kode, nama, deskripsi, harga beli, harga jual, stok, kategori, satuan dan diskon. Ada menu untuk mendata suplier, pelanggan, transaksi pembelian, penjualan dengan disertai cetak struk atau nota penjualan.



1.Menu Barang - digunakan untuk mendata kelontong yang diperdagangkan.
2.Menu Pelanggan - digunakan untuk mendata pelanggan.
3.Menu Suplier - digunakan untuk mendata suplier.
4.Menu Pembelian - digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang dagangan kepada suplier.
5.Menu Penjualan - digunakan untuk mencatat transaksi penjualan kelontong kepada konsumen. Bisa cetak nota penjualan (cetak struk penjualan). Desain cetakan bisa dipilih sesuai model yang menarik menurut anda.
6.Cashflow - arus kas - digunakan untuk menampung data aliran kas di toko kelontong anda.

Biaya digunakan untuk mendata biaya-biaya yang timbul di toko kelontong anda. Seperti biaya listrik, biaya kebersihan dan lain sebagainnya untuk keperluan jalannya operasional toko kelontong anda.

Bisa import dan ekport data dari dan ke Microsft Excel. Bisa menggunakan Microsoft Excel 2000, 2002, 2003, 2007, 2010 atau mungkin yg lebih baru tapi dengan catatan file excelnya disimpan dengan format 2003 ke bawah yaitu.

Bisa menggunakan scanner barcode, bisa menggunakan miniprinter pos dotmatrik seperti misalnya Epson TMU220, atau printer biasa seperti misalnya printer inkjet Canon IP2770. Bisa menggunakan Windows XP, Windows Vista, Windows 7 atau Windows 8 sebagai operating systemnya. Namun untuk Windows Vista, Windows 7 atau Windows 8 anda harus mematikan UAC di control panel windows tersebut agar softwarenya bisa jalan. Jika anda menggunakan miniprinter dotmatrik seperti misalnya Epson TMU220 dan sejenisnya yang mungkin merek China, anda bisa menggunakan pula laci uang otomatis atau istilahnya cashdrawer. Ketika print nota atau print struk, laci akan otomatis terbuka.

Ini tidak mudah untuk mengikuti perubahan dan untuk selalu hidup sesuai dengan harapan pelanggan Anda. Namun, dengan menggunakan software kelontong membuat segalanya lebih mudah. Anda memiliki akses cepat ke laporan penjualan, Anda dapat meramalkan permintaan untuk produk-produk tertentu, Anda juga dapat mengembangkan strategi pemasaran dan Anda dapat menggunakan informasi pribadi dari pelanggan Anda dalam tujuan pemasaran. Semua ini akan lebih rumit jika bukan karena software POS kelontong. Ini jauh lebih mudah untuk menjalankan sebuah toko kelontong saat ini daripada beberapa dekade yang lalu.