Blog tentang program akuntansi dan pembukuan toko UKM.

Buku Akuntansi Manajemen


Buku Manajemen Dan Analisis Memudahkan Urusan Pajak mendukung terciptanya kinerja manajemen perusahaan menjadi kuat, kompeten, accountability, jujur, beretika, inovatif, kreatif, berintegritas tinggi dan mencerminkan budaya perusahaan dalam tata kelola pajak yang baik dengan menjunjung prinsip-prinsip good governance and good corporate.



Tata kelola pajak perusahaan yang baik tergantung dari sumber daya manusia (team work) yang kompeten, minimal menguasai pengetahuan manajemen, akuntansi, akuntansi pajak, analisa laporan keuangan & analisa laporan pajak, manajemen pajak, bisnis kegiatan usaha serta didukung oleh nilai-nilai kultur perusahaan yang profesional dan itikad baik.

Buku ini mendorong wajib pajak (khususnya perusahaan, pengusaha, profesionalisme) untuk memahami akuntansi, akuntansi pajak, analisa laporan keuangan sebagai kompas bagi pimpinan dalam mengukur kinerja, menganalisa masalah-masalah perpajakan yang terjadi agar dapat dievaluasi dan menunjang perbaikan kinerja berkesinambungan di masa akan datang.

Buku Manajemen Dan Analisis Memudahkan Urusan Pajak menguraikan:
1. Seluk beluk manajemen perpajakan bagi wajib pajak (terutama perusahaan, pengusaha, profesionalisme) dengan effektif, effisien, tepat sasaran dan terukur.
2. Kiat menganalisa laporan keuangan dan pelaporan pajak sebagai alat monitoring dalam memenuhi kewajiban perpajakan dan haknya.
3. Kiat tata kelola pajak yang tepat agar tidak meninbulkan pemborosan kas (biaya), pikiran, perasaan dan waktu yang seharusnya tidak ditanggung.

4. Kiat bagi manajemen agar tidak terbebani oleh kasus-kasus yang timbul dari pelaporan pajak pada masa lalu, saat kini dan masa akan datang sehingga tidak menimbulkan gunung salju masalah perpajakan.

5. Beberapa analisa kasus-kasus manajemen seperti: analisa pajak penghasilan badan, analisa pajak penghasilan orang pribadi, analisa pajak penghasilan potong & pungut, analisa pajak pertambahan nilai (PPN), analisa bendaharawan pemerintah pusat & daerah, analisa dalam pemeriksaan dan memberikan solusinya.


Tujuan yang diharapkan dari penulisan buku ini:

1. Memberi gambaran tentang kinerja tim manajemen perusahaan, pengusaha, profesionalisme dalam memenuhi kewajiban perpajakan yang didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten, profesional, inovatif, kreatif, jujur, beretika, dan berintegritas tinggi.

2. Agar wajib pajak melaporkan pajak dengan keadaaan sebenarnya dengan didukung oleh pengetahuan teknis (manajemen, akuntansi, akuntansi pajak, analisa laporan keuangan) sehingga tidak menimbulkan masalah di masa kini dan masa akan datang. Pada akhirnya hal tersebut bermanfaat bagi pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pajak dalam mencapai tujuan budgeter secara voluntary (kesadaran).

3. Memberikan kemudahan bagi pembaca buku ini untuk mengetahui, memahami manajemen & analisa perpajakan dengan lebih sederhana.


Buku Manajemen & Analisis Memudahkan Urusan Pajak ini diharapkan dapat dijadikan pegangan yang mudah dan praktis bagi masyarakat khususnya wajib pajak, manajemen perusahaan, pengusaha, profesionalisme, konsultan, aparatur pajak, peneliti, pengamat perpajakan, mahasiswa di setiap strata maupun pasca sarjana serta dosen. Semoga buku ini bermanfaat sebagai literatur dunia praktisi dan akademis bidang perpajakan sebagai referensi.

Kepada para pimpinan dan rekan kerja dosen di Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi Universitas Negeri Udayana Bali, Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Fakultas Ekonomi Univesitas Negeri Udayana Bali, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Mpu Tantular Jakarta, Universitas Pakuan Bogor, LP3I Denpasar Bali, seluruh rekan kerja di Direktorat Jenderal Pajak, rekan kerja di Kantor Akuntan Publik Drs. Tasnim Ali Widjanarko, rekan kerja di PT. Riau Andalan Pulp Paper (RAPP) FS, mahasiswa dan seluruh kolega di berbagai perusahaan yang tidak disebutkan namanya penulis menyampaikan terima kasih banyak.

Penulis dengan senang hati menerima saran-saran yang bersifat membangun dan akhir kata semoga buku ini bermanfaat bagi semua pihak yang berminat terhadap masalah perpajakan.