Blog tentang program akuntansi dan pembukuan toko UKM.

Buku Sistem Informasi Akuntansi


Sistem Informasi Akuntansi memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh mereka yang ingin sukses berkarir di bidang akuntansi. Buku ini menjelaskan bagaimana sistem informasi mengubah sifat dasar akuntansi. Secara khusus, diuraikan bagaimana perkembangan teknologi informasi seperti internet dan database telah mengubah cara organisasi dalam melaksanakan kegiatan bisnis mereka.



Perkembangan teknologi informasi  yang sangat cepat menuntut pemahaman konsep-konsep utama antara lain:
- berbagai kegiatan bisnis yang dilaksanakan dalam siklus-siklus utama bisnis serta arus data akuntansi dan informasi dalam sistem tersebut.
- pengumpulan dan pemrosesan data kegiatan bisnis.
- pengunaan perkembangan teknologi informasi terbaru untuk meningkatakan efisiensi dan efektivitas kegiatan bisnis.

Dalam melaksanakan kegiatannya, perusahaan pada umumnya sangat memerlukan sistem informasi akuntansi yang efisien dan efektif. Buku ini telah menawarkan suatu pedoman yang komprensif tentang sistem informasi akuntansi, dan memberikan peluang untuk memahami dan memanfaatkannya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara proporsional. Kelengkapan materi serta kejelasan pembahasan dalam buku ini bisa disejajarkan dengan buku-buku sistem informasi akuntansi luar negeri. Boleh dikata, masih sangat jarang penulis "lokal" yang mampu menyusun sebuah buku materi perkuliahan setebal 680 halaman, dengan materi yang sangat lengkap, tersusun dalam sistematika yang teratur, serta dengan menyertakan berbagai ilustrasi, bagan-bagan, dan gambar yang sangat jelas. Sebenarnya hal ini  tidak mengherankan mengingat latar-belakang penulis yang telah banyak berkecimpung di bidangnya, balk sebagai dosen, auditor di kantor akuntan swasta, ajun akuntan di Dirjen Pengawasan Keuangan Depkeu, serta sebagai anggota direksi sebuah BUMN

Buku ini terdiri dari 24 bab yang terbagi ke dalam lima bagian besar. Bagian pertama membahas mengenai pengantar sistem informasi akuntansi. Bagian kedua membahas hal-hal teknis dalam sistem informasi akuntansi , termasuk pengolahan data elektronik. Bagian ketiga membahas perkembangan sistem informasi (termasuk penggunaan Internet). Bagian keempat membahas mengenai pengendalian intern, daur pengolahan data transaksi. Bagian kelima membahas mengenai proses dan teknik pengembangan sistem informasi dalam suatu penugasan sistem informasi akuntansi.