Blog tentang program akuntansi dan pembukuan toko UKM.

Cara Membuat Pembukuan Sederhana


Pembukuan penting dilakuan untuk mengetahui sejauh mana perusahaan Anda perform. Sering sekali perusahaan kecil tidak melakukan pembukuan, sehingga pemilik pun tak menyetahui apakah perusahaanya untung atau tudak. Laporan keuangan merupakan alat komunikasi antaran pemegang kepentingan bisnis serta sebagai alat analisa perusahaan untuk pemilik, kreditur, pemegang saham, maupun calon investor.



Lalu, bagaimana cara membuat pembukuan secara sederhana?

Langkah awal:

1. Proses Mengklarifikasi transaksi
Langkah awal adalah mengklarifikasi jenis transaksi ke dalam penjualan, pembelian, pengeluaran, penerimaan kas, utang, dan lainnya.
Hal ini untuk memudahkan posting transaksi harian yang Anda lakukan.

2. Proses mencatat dan merangkum
Mulai mencatat pembukuan dengan sumber dari bon, nota, bill, stuk dan sebagainya diinput dalam jurnal selanjutnya memasukkan jurnal dalam buku besar secara berkala.
Satu proses pembukuan dilakukan bulanan.

3. Proses Penginterpretasikan dan melaporkan
Langkah selanjutnya setelah pencatatan, adalah membuat kesimpulan dari kegiatan atau pelaporan keuangan sebelumnya.
Dari informasi tersebut bisa diketahui apa yang terjadi pada perusahaannya, apakah sudah perform atau belum, dan informasi untuk pengambilan keputusan bisnis lainnya.

Setelah Anda terbiasa dengan trik pembukuan sederhana yang pemegang buku profesional dapat mengajari Anda, Anda akan kagum pada seberapa baik Anda akan mulai memahami bagaimana keuangan Anda harus ditangani. Ada banyak keuntungan bagi pemilik usaha kecil untuk belajar tentang pembukuan sederhana. Biarkan pemegang buku profesional menunjukkan metode yang berbeda dari pencatatan transaksi dan menggunakan perangkat lunak pembukuan Anda dengan benar.

Tidak hanya akan Anda menjadi akrab dengan proses yang benar dari pencatatan transaksi dan entri data, tetapi Anda akan dapat lebih teliti memahami bagaimana transaksi Anda dikelola oleh pemegang buku Anda. Sistem akuntansi ini sangat bagus dan mudah untuk digunakan.